DEMAM BERDARAH vs TIFUS


Hai … Selamat datang di Blog Mama Tita.

Kali ini Mama Tita akan membahas tentang perbedaan penyakit Demam Berdarah dengan penyakit Tifus.  Artikel ini ditulis dan dikembangkan dari beberapa sumber terpercaya, salah satunya dari akun channel Youtube Dr. Lau.  Yuk kita simak dulu.


 Saat ini kita sedang berada di musim hujan.  Tentu kita tahu di musim seperti ini banyak penyakit yang ditimbulkan.  Mulai dari hanya sekedar Ba-Pil (Batuk-Pilek­), hingga muntah-muntah dan demam.  Yang juga sering kita jumpai adalah Demam Berdarah dan Tifus. 

Lho?  Kok judulnya berbeda dengan apa ditulis disini ya?

Iya memang agak berbeda.  Dalam vlog #drlauotd membahas tentang Demam Berdarah dan mitosnya.  Ada 2 (dua) hal yang dibahas didalam video tersebut.  Diawal sedikit membahas tentang
perbedaan Demam Berdarah Dengue dengan Tifus.  Nah Mama Tita mencoba mengembangkan apa yang dibahas tersebut dalam artikel ini

So .. Apa sih perbedaaannya?   Baca terus sampai habis ya …



Demam Berdarah Dengue atau yang biasa disingkat DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk yang membawa virus Dengue.  Dapat terjadi pada manusia dari usia berapapun.  Sedangkan Tifus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh vakteri yang terdapat dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi.  Penyakit Tifus juga penyakit menular dan dapat terjadi pada siapapun, mulai dari bayi hingga usia dewasa.

Sumber :  Penelusuran Google
Pertama, kita lihat dari segi Demam.
Demam pada Demam Berdarah itu khas banget, yaitu langsung demam tinggi di hari pertama.  Dan biasanya suhunya langsung diatas 39°C.  Sedangkan kalau Tifus, demamnya tidak terlalu tinggi.  Suhunya sekitar 37°C sampai 38°C.  Hangat atau suam-suam kuku gitu deh …
Sumber :  Penelusuran Google
 
Yang kedua, kita lihat dari gejala lain yang menyertai.
Demam Berdarah tidak disertai dengan gejala lain.  Murni hanya demam tinggi saja. 
Sementara untuk tipus, gejala demamnya sering timbul pada waktu siang hingga malam hari dan membaik di waktu pagi hari.

Dalam Demam Berdarah bisa juga terjadi mual dan muntah.  Mual dan muntah ini tidak serta merta keluar di hari pertama, namun biasanya terjadi di hari ketiga atau keempat.  Hal ini disebabkan karena tubuh sudah kehilangan plasma.
Sedangkan Tifus biasanya langsung disertai dengan gangguan pencernaan.  Salah satu contohnya adalah perut sebah, mual, muntah, dan tak jarang juga mengalami gangguan BAB (buang air besar).  Bisa BAB tidak lancar, tapi bisa juga disertai dengan (maaf) mencret atau BAB yang cair. 

Kemudian, bintik merah.
Sumber : Penelusuran Google
Pada Demam Berdarah, kita tidak dapat menemukan bintik-bintik merah di tubuh kita, terutama saat hari pertama.  Bintik merah timbul hari ke-empat, ke-lima atau ke-enam, biasanya setelah masa demam lewat beberapa hari.  Sedangkan, pada penyakit Tifus, tidak ada bintik merah.

Jadi kalau anak, suami, pacar, kakak atau adik, atau mungkin ada saudara-saudara kita yang sedang sakit, kita bisa melihat dari gejala gejala yang tertulis diatas.  Dan apabila sudah terlihat gejalanya, jangan asal beli obat sembarangan ya.  Mending langsung ke doker deh.  Agar langsung dapat penanganan dan pengobatan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Jenis Pup Bayi

Harga Kue

Pre eklamsi ? Mengapa Terjadi ?